Jumat, 07 Juni 2019

Pengertian dan cara membuat Drop cap, Columns, Header & footer, Clip art, dan Watermark, Page border, Smart art, Footnote, dan Comment

Di artikel kali ini kita akan  membahas tentang pengertian dan bagaimana tata cara membuat drop cap, columns, header dan footer, clip art dan watermark, page border, smart art, footnote, dan comment.

A. Drop Cap
      Drop cap merupakan huruf yang berukuran besar di bandingkan dengan huruf yang lainnya yang biasanya ada di huruf awal suatu paragraf.

Cara membuat drop cap :
  1. Buka ms word dan buatlah kalimat di lembar kerja ms word tersebut lalu blok huruf yang ingin kita rubah
  2. Klik menu insert 
  3. Klik drop cap 
  4. Di drop cap tersebut akan muncul dropped dan in margin klik sesuai yang kita inginkan 
  5. Dan drop cap akan otomatis ada di lembar kerja kita

B. Columns
        Columns merupakan pengaturan yang ada di suatu microsoft word dimana columns berfungsi untuk membagi tulisan menjadi biieberapa baris yang terdapat di satu halaman. Columns ini bisa digunakan untuk koran majalah dan masih banyak lagi .

Cara membuat columns :
  1. Klik menu page layout 
  2. Klik columns  
  3.  Klik columns yang kita inginkan, jika ingin membuat menjadi dua baris klik "Two" dan menjadi tiga baris klik "Three" dan seterusnya
Jika ingin membuat garis antara tulisan :
  1.  Klik page layout, klik colums
  2.  Lalu klik more columns yang ada di bawah Right 
  3. Akan ada hal baru lalu beri centang di "line between"  
  4.  Lalu "OK"

C. Header
          Header merupakan teks atau catatan yang berada di atas halaman. Header biasanya di sebut dengan catatan kepala.
Cara membuat header :
  1. Klik insert  
  2. Klik header 
  3.  Header akan muncul di atas halaman kerja kita lalu tulislah sesuai yang kita inginkan

D. Footer
        Footer merupakan teks atau catatan yang berada di bawah halaman kerja dokumen kita. Footer biasanya di sebut dengan catatan kaki.

Cara membuat footer :
  1. Klik insert 
  2. Klik footer 
  3. Footer akan muncul di bawah halaman kerja kita lalu tuliskan sesuai apa yang kita inginkan
E. Clip art
       Clip art merupakan suatu gambar yang bisa diletakkan di dalam suatu dokumen. 

Cara membuat clip art :
  1. Klik menu inser 
  2. Lalu klik clip art 
  3.  Lihat di pojok kanan akan ada tampilan lalu klik "Go" maka akan muncul kumpulan gambar yang ada di clip art 
  4. Klik gambar yang kita butuhkan 
  5.  Gambar akan otomatis berada di lembar kerja kita
F. Watermark
         Watermark merupakan tulisan yang kita buat manual pada sebuah halaman,gambar maupun video. Watermark biasanya digunakan untuk sebagai indentitas dan sebagai hak cipta agar karya kita tidak  di bajak atau di curi oleh orang lain.

Cara membuat watermark :
  1. Klik page layout
  2. Klik watermark
  3. Klik custom watermark yang berada di pojok bawah
  4. Klik teks watermark
  5. Tuliskan teks yang kita inginkan
  6. Atur font,size,color yang telah tersedia
  7. Layout pada watermark pilih jika diagonal atau horizontal
  8. Lalu klik OK 
G. Page Border
       Page borders merupakan garis yang ada di sisi kiri kanan atas dan bawah pada lembar kerja atau yang biasa di sebut sebagai hiasan atau bingkai.

Cara membuat page border :
  1. Klik page layout 
  2. Klik page borders 
  3.  Akan muncul jendela baru, lalu kita atur style untuk (pilih garis bingkai yang kita inginkan), color (warna bingkai) width (ketebalan pada bingkai) dan art (memilih macam" bingkai seperti karakter dan gambar pohon atau yang lainnya). 
  4.  Jika sudah selesai klik "OK" 

H. Smart art
         Smart art yang biasanya digunakan untuk membuat bagan atau struktur di dalam halaman kerja dokumen. 

Cara membuat smartart :
  1. Klik menu insert
  2. Klik smartart
  3. Akan keluar berbagai macam bagan lalu klik yang kita inginkan lalu klik "OK"
  4. Tulislah teks yang kita inginkan
I. Footnote
      Footnote merupakan tempat untuk mengetahui sumber suatu karya tulis kita atau sumber dari suatu kutipan dan sebagainya. Footnote biasanya di sebut sebagai catatan kaki.

  1. Cara membuat footnote :Klik menu References
  2. Letakkan kursor ke kalimat yang ingin kita letakkan footnote
  3. Lalu klik insert footnote
  4. Footnote berada di bagian bawah lembar kerja lalu tulislah sumber dari kutipan yang kita ingin tuliskan.
J. Comment
        Comment merupakan memberi komentar atau menambah catatan pada lembar dokumen tanpa mengubah isi dari lembar kerja kita.

Cara membuat comment :
  1. Blog kalimat yang ingin di berikan comment
  2. Lalu klik Review
  3. Klik new comment
  4. Lalu tulislah comment yang kita inginkan
  5. Jika sudah selesai simpan comment tersebut
Jika kita ingin menyembunyikan atau menampakkan comment kita silakan klik review lalu  klik show markup lalu klik comment.

Terima kasih, semoga bermanfaat 

Baca juga : 
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1
Membuat Daftar Isi dengan Tabulasi dan Table Of Contents Microsoft Wors


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi Vlookup dan Hlookup serta perbedaan penggunaan fungsinya

Berbicara tentang komputer yang semakin zaman semakin canggih di dalam komputer ada microsoft excel dimana bisa membuat perkerjaan kita men...