Senin, 10 Juni 2019

Manfaat penggunaan fungsi Autosum, Product, dan Sumproduct, Min, Max

Di artikel ini kita akan membahas apa fungsi dari autosum, product, sumproduct, min dan max serta bagaimana cara penggunaan masing-masing dari yanh telah diaebutkan di atas.

1. Autosum

      Autosum berfungsi untuk menjumlahkan angka pada microsoft excel sehingga pekerjaan menjadi cepat. Di dalam autosum terdapat lima menu yaitu Sum, Average, Count Numbers, Max, Min yang mempunyai fungsinya masin-masing.
 Cara menggunakan autosum yaitu : klik menu home klik "autosum" lalu blok bagian cell yang ingin kita jumlah kan lalu tekan enter dan hasil nya akan terjumlah dengan otomatis. Contohnya =SUM(A1:A2).

2. Product

            Product berfungsi untuk mengalikan data pada microsoft excel atau data yang telah kita buat sebelumnya. 
   Cara menggunakan product yaitu : letakkan kursor pada kolom yang ingin kita kalikan, lalu ketik =Product blok bagian cell yang ingin kita kalikan lalu tekan enter hasilnya akan otomatis . Contohnya = PRODUCT (A1:A5) berarti mengalikan cell dari A1 sampai A5.

3. Sumproduct
         
       Sumproduct berfungsi untuk mengetahui jumlah dari mengalikan data pada microsoft excel.
   Cara menggunakan sumproduct yaitu : letakkan kursor pada kolom yang kita inginkan lalu ketik =Sumproduct lalu blok bagian cell kemudian tekan enter hasilnya akan otomatis. Contohnya =SUMPRODUCT (A5:A7).

4. Min

       Min berfungsi untuk mencari nilai terkecil pada sekumpulan data yang telah kita buat sebelumnya.
  Cara menggunakan min yaitu : letakkan kursor ke kolom ke min kemudian ketik ketik =MIN lalu blok dari data awal sampai data terakhir lalu tekan enter . Hasil dari nilai min akan otomatis. Contohnya =MIN(A1:A10).

5. Max

         Max berfungsi untuk mencari nilai tertinggi pada sekumpulan data yang telah kita buat sebelumnya.
  Cara menggunakan max sama saja seperti min hanya saja rumusnya Menggunakan max contohnya = MAX(A1:A5). 

Demikian lah fungsi dan cara menggunakan autosum, product, sumproduct min dan max 

Terima kasih, semoga bermanfaat

Baca juga :

https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1Membuat Daftar Isi dengan Tabulasi dan Table Of Contents Microsoft Word

           
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi Vlookup dan Hlookup serta perbedaan penggunaan fungsinya

Berbicara tentang komputer yang semakin zaman semakin canggih di dalam komputer ada microsoft excel dimana bisa membuat perkerjaan kita men...