Senin, 10 Juni 2019

Tata cara menggunakan rumus ms excell menggunakan fungsi matematika dan operator matematika (+,-,*,/)

  Artikel kali ini akan membahas cara menggunakan rumus di microsoft excel dengan menggunakan fungsi matematika maupun operator matematika. Yang berguna untuk membantu kita dalam perhitungan matematika dengan menggunakan rumus agar pekerjaan menjadi lebih cepat dan tepat. Setiap penulisan pada microsof excel biasanya di awali dengan sama dengan (=) dan untuk pemisah bisa menggunakan titik koma (;) .

A. Fungsi matematika pada microsoft excel 
   Dalam microsoft excel terdapat fungsi matematika antara lain : 
  • SUM berfungsi untuk melakukan perjumlahan . Rumus pada sum adalah =SUM(range)  contoh nya : SUM(A2:A10)
  • AVERAGE berfungsi untuk mencari nilai rata-rata pada ms.excel. Rumus pada average adalah =AVERAGE (range)  contohnya : AVERAGE(B9:B2)
  • MIN berfungsi untuk mencari nilai terkecil dari data yang sudah kita buat sebelumnya. Rumus pada Min adalah =MIN(range) contohnya : MIN (A4:A12)
  • MAX berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari data yang sudah kita buat sebelumnya. Rumus pada max adalah =MAX(range) contohnya :(A2:A10)
B. Fungsi operator matematika pada microsoft excel

       Dalam microsoft excel terdapat fungsi operator matematika antara lain :

  • Perjumlahan pada mictosoft excel disimbolkan dengan (+) yang berfungsi untuk menjumlahkan pada angka . Contohnya : =5+4 lalu tekan enter hasilnya 9.
  • Perkurangan pada microsoft excel disimbolkan dengan (-) yang berfungsi untuk mengurangkan pada angka . Contohnya : =5-3 lalu tekan enter hasilnya 2.
  • Perkalian pada microsoft excel disimbolkan dengan (*) yang berfungsi untuk mengalikan pada angka . Contohnya : = 5*5 lalu tekan enter hasilnya 25.
  • Pembagian pada microsoft excel disimbolkan dengan (/) yang berfungsi untuk membagikan pada angka. Contohnya : = 8/2 lalu tekan enter hasilnya 4.
  • Persen pada microsoft excel disimbolkan dengan (%) yang berfungsi untuk mempersentasekan pada angka. Contohnya : =80*10% lalu tekan enter hasilnya 8

Terimakasih. Semoga bermanfaat

Baca juga :
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1Membuat Daftar Isi dengan Tabulasi dan Table Of Contents Microsoft Word

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi Vlookup dan Hlookup serta perbedaan penggunaan fungsinya

Berbicara tentang komputer yang semakin zaman semakin canggih di dalam komputer ada microsoft excel dimana bisa membuat perkerjaan kita men...